Saturday, June 9, 2012

Lebah Bisa Menghitung Hingga Angka 4






Dua ekor lebah sedang bertengger di bunga matahari.
SYDNEY, MINGGU - Beberapa periset menemukan fakta bahwa lebah madu ternyata dapat menghitung hingga angka 4. Salah satu periset dari University of Queensland meletakkan 5 penanda angka di sebuah terowongan dan menempatkan nektar di salah satu penanda itu.

Menurut Radio Australian Broadcasting Corporation, lebah-lebah madu yang diletakkan di dalam terowongan itu kemudian bergerak menuju penanda dengan air bergula dan polen atau serbuk sari yang dihasilkan bunga tersebut. Lebah-lebah madu itu masih berkerumun di sekitar penanda angka saat nektar telah ditarik dari lokasinya.

"Lebah-lebah madu akan mengenal angka tiga jika mereka diperlihatkan dengan penanda angka tiga," kata periset Mandyam Srinivasan. "Apabila kita menunjukkan penanda angka 4, perhatian lebah- lebah tersebut akan tertuju ke angka tersebut. Namun, nampaknya kemampuan lebah-lebah itu berhitung hanya sampai angka 4. Lebah-lebah itu tak dapat menghitung hingga di atas angka 4," tambah Mandyam Srinivasan.

"Semakin kita mengamati lebah-lebah yang mempunyai otak sebesar biji wijen itu, semakin kita terkagum-kagum," ungkap Mandyam Srinivasan. Riset gabungan tersebut diadakan oleh Mandyam Srinivasan secara bersama dengan periset Swedia Marie Dacke

Sumber :  http://sains.kompas.com/read/2008/10/26/14263452/Lebah.Bisa.Menghitung.Hingga.Angka.4

No comments:

Post a Comment