Sunday, May 20, 2012

Konsentrat Ayam Pedaging untuk Pakan Tambahan Sapi Brahman Cross

Info Aktual
(adm/14 Mei 2012)
Sapi Brahman cross merupakan sapi impor yang didatangkan ke Indonesia dengan tujuan untuk memenuhi swasembada daging sapi. Di dalam perkembangannya sapi Brahman cross kurang berkembang dengan baik yang terlihat dari penampilannya yang kurang bagus, seperti tubuh yang kurus, bulu yang kasar, dan reproduksi yang rendah.
Sapi, yang merupakan ternak ruminansia besar, juga memerlukan sumber pakan berprotein tinggi yang dapat digunakan tubuh untuk berkembang dengan cepat. Sayangnya, bahan pakan berprotein tinggi dengan harga murah seperti bungkil kedelai, bungkil kelapa, limbah pabrik agroindustri sangat sulit ditemukan di Kalimantan Timur. Kendati demikian, ada alternative pakan yang dapat digunakan yakni pakan ayam pedaging yang mempunyai protein tinggi.
Penggunaan konsentrat ayam dengan protein kasar sebesar 21% sebagai pakan tambahan untuk sapi Brahman cross induk. Pemakaian konsentrat sebesar 1 kg/ek/hr ditambah dengan dedak 2 kg/ek/hr. Pemberian pakan penguat untuk awal dilaksanakan selama 55 hari.
Tujuan dari pemberian pakan penguat dengan kandungan protein tinggi tersebut adalah untuk meningkatkan pertambahan bobot badan sapi potong secara cepat. Pendugaan bobot badan dilakukan dengan menggunakan rumus Winter. Hasil demplot menunjukkan bahwa pertambahan bobot badan harian (PBBH) dengan pemakaian pakan penguat seperti tersebut di atas mampu memberikan PBBH sebesar 0,69 kg/ek/hr

Sumber: BPTP Kalimantan Timur

No comments:

Post a Comment