Wednesday, May 2, 2012

Perilaku HidupBersih dan Sehat (PHBS )




Kesehatan merupakan suatu anugerah dan nikmat dari TUHAN YME. Sebab itu kita wajib untuk menjaganya. Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) salah satu cara kita untuk menjaga kesehatan tersebut. Dan kesemuanya itu harus kita lakukan secara berkesinambungan oleh seluruh lapisan masyarakat.

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) bukan hanya dapat dimulai dari lingkungan keluarga dan umum saja, namun juga dapat pula diterapkan di lingkungan sekolah.

"Salah satu penunjang PHBS di sekolah ialah adanya Fasilitas Usaha Kesehatan Sekolah (UKS). Ini merupakan antisipasi kesehatan pada siswa didik dalam jenis penanganan ringan. Selain itu, UKS merupakan penunjang terciptanya PHBS, baik di lingkungan sekolah maupun keluarga dan umum. Keberadaan UKS merupakan salah satu penunjang tercapainya PHBS.

“PHBS di sekolah adalah sekumpulan perilaku yang dipraktikkan peserta didik, guru dan masyarakat lingkungan sekolah atas dasar kesadaran sebagai hasil pembelajaran. Sehingga secara mandiri mampu mencegah penyakit, meningkatkan kesehatannya, serta berperan aktif dalam mewujudkan lingkungan sehat.

Ada beberapa indikator yang dipakai sebagai ukuran untuk menilai PHBS di sekolah. Pertama, mencuci tangan dengan air yang mengalir dan menggunakan sabun. Mengkonsumsi jajanan sehat di kantin sekolah. Menggunakan jamban yang bersih dan sehat. Olahraga yang teratur dan terukur. Memberantas jentik nyamuk.

"Tidak merokok di sekolah, menimbang berat badan dan mengukur tinggi badan setiap 6 bulan dan membuang sampah pada tempatnya.
 
Sumber  : http://www.promkes.depkes.go.id/index.php/component/content/article/1-latest-news/72-uk

No comments:

Post a Comment