Thursday, May 24, 2012

Mengintip Semesta Lewat Transit Venus

NASA Transit Venus

JAKARTA, KOMPAS.com - Transit Venus menjadi fenomena astronomi yang paling dinanti di seluruh dunia tahun ini. Fenomena langka ini akan terjadi pada 6 Juni 2012 mulai pukul 05.14 hingga 11.50 WIB.
Transit Venus istimewa karena sangat langka. Periode terjadinya fenomena ini adalah dengan urutan 8, 121, 5, 8, dan 105,5 tahun.
Terakhir kali, fenomena ini terjadi tahun 2004. Tahun ini kebetulan memasuki periode 8 tahun sehingga Transit Venus akan kembali terjadi tahun 2012. Setelah tahun ini, fenomena ini akan terjadi 105,5 tahun kemudian yakni tahun 2117.
Selain istimewa karena langka, Transit Venus juga istimewa karena bisa menjadi jendela untuk mengintip alam semesta.
Beberapa hal tentang semesta yang bisa disinggung lewat Transit Venus adalah penentuan jarak antarplanet serta planet dan bintangnya serta upaya penemuan planet ekstrasurya.
Upaya pencarian planet ekstrasurya adalah isu terkini dalam astronomi. Dengan Transit Venus, ilmuwan bisa berlatih mengkonfirmasi keberadaan suatu planet dengan metode transit.
Metode transit pada dasarnya adalah cara deteksi planet dengan melihat peredupan cahaya bintang ketika ada planet yang melintas di mukanya.
Di luar soal yang mengawang-awang, Transit Venus bisa mengajak publik untuk mengenal keindahan semesta dan fenomenanya.
Publik bisa memahami isu-isu terkini tentang astronomi seperti planet ekstrasurya, makhluk hidup di luar Bumi dan sebagainya.
Lebih mendasar, publik bisa mendapatkan insights tentang bagaimana semesta tercipta dan mengapa manusia harus memahaminya.

No comments:

Post a Comment