Thursday, July 26, 2012

Kenali Kanker Endometrium



Kanker endometrium merupakan jenis kanker yang menyerang rahim (uterus). Kanker ini terjadi karena jaringan rahim (endometrium) tumbuh di luar rahim padahal seharusnya jaringan ini melapisi dinding rahim. Sel-sel kankernya tumbuh di ovarium, tuba falopii dan saluran menuju vagina. Kanker ini biasa disebut juga dengan kanker rahim.
Tumbuhnya jaringan endometrium di luar rahim kemungkinan disebabkan oleh darah menstruasi masuk kembali ke tuba falopii dengan membawa jaringan dari lapisan dinding rahim sehingga jaringan tersebut menetap dan tumbuh di luar rahim. Kemungkinan lain adalah jaringan endometrium terbawa ke luar rahim melalui pembuluh darah atau kelenjar getah bening.
Namun hingga kini, penyebab pastinya belum bisa dipastikan. Yang pasti pada penderita kanker rahim terjadi sesuatu di dalam rahimnya yang menyebabkan mutasi genetik diantara sel-sel di dalam lapisan endometrium.
Berikut gejala yang patut diwaspadai:
  1. Pendarahan pada vagina pascamenopause
  2. Masa menstruasi yang terlalu lama atau pendarahan diantara masa menstruasi
  3. Keluar cairan seperti darah namun abnormal dan berwarna kebiruan dari vagina
  4. Nyeri panggul
  5. Terasa nyeri selama berhubungan seksual
Berikut beberapa pengobatan yang dianjurkan secara medis:
  • Operasi pemindahan rahim (histerektomi)
  • Radiasi
  • Terapi hormon
  • Kemoterapi
 
Pencegahan dapat dilakukan dengan pemeriksaan pap smear sesegera mungkin. Dengan mengetahui sejak dini, maka pengobatan akan lebih mudah dilakukan. (DI)

No comments:

Post a Comment