Tuesday, July 24, 2012

Tekan Impor Kedelai, RI Jajaki Teknologi Brasil


INILAH.COM, Jakarta - Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian, Achmad Suryana mengatakan peningkatan produksi kedelai selain perluasan lahan juga bisa diterapkan melalui pemanfaatan teknologi seperti yang telah dilakukan di Brazil dengan menghasilkan benih yang unggul.

"Di Brasil itu sudah diterapkan teknologi pertanian penghasil benih kedelai sehingga mampu meningkatkan produksi kedelai hingga 2,5 ton per hektare dua kali lipat Indonesia," kata Achmad Suryana saat ditemui di Gedung Kementan, Selasa (24/7/2012).

Kementan melalui Litbang kini tengah menjajaki sharing teknologi tersebut agar bisa diterapkan di dalam negeri untuk meningkatkan produksi kedelai setidaknya tahun ini (2012).

"Bukan mustahil produksi lokal bisa meningkat justru dengan pengembangan teknologi, kami menjajaki tahun ini, " katanya.

Sebab menurutnya untuk mengendalikan impor, satu-satunya jalan yaitu meningkatkan produksi lokal dengan berbagai cara. "Selain konversi lahan serta perluasan, kita tekan impor untuk menghadapi kondisi perubahan iklim global dengan teknologi," katanya. [rus]

Sumber : http://ekonomi.inilah.com/read/detail/1886358/tekan-impor-kedelai-ri-jajaki-teknologi-brasil

No comments:

Post a Comment